Headlines News :
Home » » Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Written By Unknown on Sabtu, 11 Mei 2013 | 06.27


Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini (Pendidikan Terbaik) -Amatlah tidak dapat dipisahkan mengenai perubahan serta perkembangan anak waktu lahir. Perubahan motorik serta fisik anak amatlah terkait dengan perkembangan psikis anak. Oleh dikarenakan itu psikologli perubahan anak umur awal terkait dengan perkembangan serta perubahan anak dengan menyeluruh. 

Anak dapat alami satu periode yang diberi nama sebagai periode keemasan anak waktu umur awal di mana waktu itu anak dapat amat sensitif serta peka pada beragam rangsangan serta pengaruh dari luar. Laju perubahan serta perkembangan anak merubah periode keemasan dari tiap-tiap anak itu sendiri. Waktu periode keemasan, anak dapat alami tingkat perubahan yang amat mencolok diawali dari pekembangan berpikiri, perubahan emosi, perubahan motorik, perubahan fisik serta perubahan sosial. 

Lonjakan perubahan ini berlangsung waktu anak berumur 0-8 th., serta lonjakan perubahan ini tak lagi berlangsung lagi di periode setelah itu. Waktu perubahan anak terutama waktu perubahan awal, orang tua mesti benar membuatnya sebagai perhatian spesial, dikarenakan perihal ini pastinya dapat amat punya pengaruh pada kehidupan anak di periode yang akan tiba. Manfaat beri dukungan perihal tersebut tersebut disini banyak hal yang perlu diperhatikan orang tua mengenai perubahan anaknya. 

Perubahan Kognitif 

Perubahan kognitif anak terbagi ke didalam sebagian step : 
  • Step sensorimotor, pada step ini kekuatan anak cuma pada gerakan refleks, mulai mengembangkan kebiasaan-kebiasaan awal, mereproduksi beragam perihal yang menurut dia menarik, mulai memakai beragam perihal atau peralatan manfaat meraih tujuannya, lakukan beragam eksperimen serta anak telah mulai mendapatkan beragam langkah baru. Step sensorimotor berlangsung waktu umur 0-2 th.
  • Bagian pra-operasional, pada step ini anak mulai terima beragam rangsangan yang tetap terbatas, kekuatan bhs anak mulai berkembang, walau pola pikirnya tetap berbentuk statsi serta tetap belum dapat untuk berpikir dengan abstrak, persepsi mengenai waktu serta mengenai area tetap terus terbatas. step pra-operasional berkembang waktu umur anak 2-7 th.
  • Step konkret operasional, pada step ini anak telah dapat menggerakkan operasional serta berpikirnya mulai berpikir dengan rasional. didalam step ini tugas-tugas layaknya menyusun, melipat, lakukan pembelahan, penggabungan, menderetkan serta membagi telah bisa dikerjakan oleh anak. step konkret operasional berjalan pada umur 7-11 th.
  • Step resmi operasional, didalam step ini anak telah mulai beranjak sebagai seorang remaja. didalam step ini, anak telah mulai berpikir dengan hipotetik, yakni pemakaian hipotesis yang relevan telah dikerjakan anak manfaat memecahkan beragam problem. Telah dapat menyimpan atau berpikir pada perihal yang memakai prinsip-prinsip abstrak, hingga anak telah bida terima pelajaran-pelajaran yang berbentuk abstrak layaknya matematika, agama dan sebagainya. 

Perubahan fisik anak 

Mengenai perubahan fisik anak dapat dilihat dari perubahan motroik anak. Perubahan motorik anak ini terbagi lagi ke didalam perubahan motorik halus serta perubahan motorik kasar.

Perubahan bahasa 

Perubahan bhs anak umur awal terbagi ke didalam sebagian step, yakni : 
  • Periode prelingual, umur anak 0-1 thn, ciri utama yaitu anak mengoceh agar bisa berkomunikasi dengan orang tua, anak tetap berbentuk pasif waktu terima stimulus dari luar namun anak dapat terima tanggapan yang tidak sama. Perumpamaan : bayi dapat senyum pada orang yang dikenalnya serta menangis pada orang yang tidak dikenal serta ditakutinya. 
  • Periode lingual, umur pada 1-2, 5 th., didalam taha ini anak telah dapat bikin sesuatu kata-kata, satu atau dua kata didalam percakapannya dengan orang lain. 
  • Periode diferensiasi, umur anak 2, 5 - 5 thn, anak telah mempunyai kekuatan bhs sesuai dengan ketentuan tata bhs yang baik serta benar. Perbendaharaan tuturkatanya sudang berkembang dengan baik dilihat dari segi jumlah serta kualitas. 


Perubahan sosio-emosional 

Perubahan sosio emosisonal anak terbagi ke didalam sebagian step, yakni : 
  • Step yakin versus berprasangka buruk ( trust vs mistrust ), umur anak 0-2 th. Didalam step ini anak dapat tumbuh rasa yakin dirinya bila mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, tetapi dapat tumbuh rasa berprasangka buruk bila anak memperoleh pengalaman yang tidak menyenangkan. 
  • Step mandiri versus sangsi ( autonomy vs shame ), umur anak 2-3 th. Perasaan mandiri mulai nampak ketika anak telah mulai menguasai seluruh bagian tobuhnya, karakter sangsi serta malu dapat nampak pada step ini saat lingkungan tidak memberinya sesuatu keyakinan. 
  • Step berinisiatif versus bersalah ( initiative versus guilt ), umur anak 4-5 th.. Pada saat ini anak telah mulai terlepas dari orang tuanya, anak telah dapat bergerak bebas serta terkait dengan lingkungan. Situasi ini bisa menyebabkan inisiatif pada diri anak, tetapi bila anak tetap belum dapat lepas dari ikatan orang tuanya serta belum dapat berhubungan dengan lingkungan, rasa bersalah dapat nampak pada diri anak. 

-->
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-->

Kategori

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pendidikan Terbaik - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template