Headlines News :
Home » » Peran Penting Pendidikan Anak Usia Dini

Peran Penting Pendidikan Anak Usia Dini

Written By Unknown on Minggu, 19 Mei 2013 | 01.29


pendidikan anak
Peran Penting Pendidikan Anak Usia Dini (pendidikan terbaik) Pendidikan anak yaitu merupakan aset penting untuk kemajuan sesuatu bangsa, oleh dikarenakan itu tiap-tiap warga negara mesti serta harus ikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak umur awal, pendidikan dasar, pendidikan menengah ataupun tinggi. Dalam bidang pendidikan seorang anak dari lahir membutuhkan pelayanan yang pas dalam pemenuhan keperluan pendidikan dibarengi dengan pemahaman mengenai ciri-ciri pendidikan anak anak sesuai perkembangan serta perubahannya dapat amat menolong saat menyesuaikan sistem belajar untuk anak dengan umur, keperluan, serta situasi tiap-tiap, baik dengan intelektual, emosional serta sosial. 

Sebelum saat bicara lebih jauh, apa sih pendidikan anak umur awal ? pendidikan anak umur awal (PAUD) yaitu jenjang pendidikan sebelum saat jenjang pendidikan basic yang disebut satu usaha pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir s/d umur enam tahun yang dikerjakan melewati pemberian rangsangan pendidikan untuk menolong perkembangan serta perubahan jasmani serta rohani supaya anak mempunyai kesiapan saat memasuki pendidikan selanjutnya, yang diadakan pada jalur resmi, nonformal, serta informal. 

Kenapa pendidikan anak umur awal itu amat penting ? 
menurut hasil penelitian lebih kurang 50% kapabilitaas kecerdasan orang dewasa sudah berlangsung saat anak berusia 4 tahun, 8 0% sudah berlangsung perubahan yang cepat perihal jaringan otak saat anak berusia 8 tahun serta meraih puncaknya saat anak berusia 18 tahun, serta pendidikan anak sesudah itu meskipun dikerjakan perbaikan nutrisi tak lagi punya pengaruh pada perubahan kognitif. 

Perihal ini bermakna bahwa perubahan yang berlangsung dalam kurun waktu 4 tahun pertama sama besarnya dengan perubahan yang berlangsung pada kurun waktu 14 tahun selanjutnya. Hingga periode ini pendidikan anak merupakan periode kritis untuk anak, di mana perubahan yang didapatkan pada periode ini amat punya pengaruh pada perubahan periode selanjutnya sampai periode dewasa. Sesaat periode emas ini cuma datang sekali, hingga jika terlewatkan bermakna habislah peluangnya. 

Menurut Byrnes, pendidikan anak umur awal dapat berikan persiapan anak menghadapi masa-masa ke depannya, yang sangat dekat yaitu menghadapi periode sekolah. “Saat ini, sebagian taman kanak-kanak telah menghendaki anak murid yang akan mendaftar di sana telah dapat membaca serta berhitung. Di periode TK lalu telah mulai diajarkan kekuatan bersosialisasi serta masalah solving. Dikarenakan kemampuan-kemampuan itu telah dapat dibentuk sejak umur awal, ” jelas Byrnes. 

Setelah itu menurut byrnes, bahwa pendidikan anak umur awal itu penting, dikarenakan di umur inilah anak membentuk pendidikan yang sangat bagus. Di umur inilah anak-anak mesti membentuk kesiapan dirinya menghadapi periode sekolah serta hari esok. Investasi terbaik yang dapat anda berikanlah untuk anak-anak yaitu persiapan pendidikan mereka di umur awal. 

Ada dua tujuan kenapa butuh diadakan pendidikan anak umur awal, yakni : 
tujuan utama : untuk membentuk anak yang berkwalitas, yakni anak yang tumbuh serta berkembang sesuai dengan tingkat perubahannya hingga mempunyai kesiapan yang maksimal didalam memasuki pendidikan basic dan mengarungi kehidupan di periode dewasa. 
tujuan penyerta : untuk menolong mempersiapkan anak meraih kesiapan belajar ( akademik ) di sekolah. 

Singkatnya, pendidikan anak umur awal merupakan di antara bentuk penyelenggaraan pendidikan yang mengutamakan pada peletakan basic ke arah perkembangan serta perubahan fisik ( koordinasi motorik halus serta kasar ), kecerdasan ( daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual ), sosio emosional ( sikap serta tingkah laku dan agama ) bhs serta komunikasi, sesuai dengan keunikan serta tahap-tahap perubahan yang dilewati oleh anak umur awal. 

Apa perbedaan anak yang mendapatkan pendidikan anak umur awal di instansi yang berkwalitas dengan anak yang tidak mendapatkan pendidikan anak umur awal ? 
menurut byrnes ( peraih gelar woman of the year dari vitasoy di australia ) di instansi pendidikan anak umur awal yang bagus, anak-anak dapat belajar jadi pribadi yang mandiri, kuat bersosialisasi, yakin diri, punya rasa mau tahu yang besar, dapat mengambil ide, mengembangkan ide, pergi ke sekolah lain serta siap belajar, cepat beradaptasi, serta motivasi untuk belajar. 

Sesaat, anak yang tidak memperoleh pendidikan anak umur awal, dapat lamban terima suatu hal. Anak yang tidak memperoleh pendidikan umur awal yang pas, dapat layaknya mobil yang tidak bensinnya tiris. Anak-anak yang berpendidikan umur awal pas mempunyai bensin penuh, mesinnya dapat segera jalur demikian ia ada di area baru. Sesaat anak yang tidak berpendidikan umur awal dapat kesusahan mengawali mesinnya, jadinya lamban.  

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan anak umur awal merupakan pendidikan yang amat mendasar serta strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. demikian pentingnya pendidikan ini tidak mengherankan jika banyak negara menyimpan perhatian yang amat besar pada penyelenggaraan pendidikan ini sampai pemerintah indonesia lalu berikan service pendidikan gratis sampai tingkat SMP. 
-->
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-->

Kategori

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pendidikan Terbaik - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template